Rabu, 19 Februari 2020, WIB

Senin, 10 Feb 2020, 12:44:15 WIB, 5 View Administrator, Kategori : Kegiatan Peserta Didik

Belajar Al-Qur'an menjadi salah satu kurikulum penting di SD Antawirya. Dengan belajar Al-Qur'an, para santri diharapkan mampu memahami dan mengamalkan perintah-perintah Allah di dalam Al-Qur'an. Sebagai penunjang ilmu Al-Qur'an, di sekolah kami para santri juga dibekali dengan ilmu menulis Al-Qur'an atau yang disebut dengan imla'.

Pada awal pembelajaran, para santri memang menemukan kesulitan khususnya tentang bagaimana cara menyambung huruf Hijaiyah. Namun seiring berjalannya waktu, kini santri kami sudah mampu menyambung huruf satu demi satu. Proses yang kami lakukan adalah dengan memberikan materi terlebih dahulu tentang cara menyambung huruf. Kemudian santri diberikan soal pengayaan. Setelah para santri memahami materi, maka latihan dilanjutkan dengan soal dekte. Guru mengucapkan satu sampai dua kata bahasa Arab, kemudian santri menuliskannya. 

Proses tersebut terus menerus kami lakukan setiap Senin pada setiap pekan, agar para santri terlatih dalam menulis Al-Qur'an. Dengan demikian, lulusan SD Antawirya bukan hanya mahir dalam membaca tapi juga menulis Al-Qur'an. 

_____________________________________________
"Menulislah, karena tanpa menulis engkau akan hilang dari pusaran sejarah".
_Pramoedya Ananta Toer_

_____________________________________________



Senin, 10 Feb 2020 Pembelajaran Tulis Al-Quran


Tuliskan Komentar