Minggu, 20 September 2020, WIB

Senin, 24 Jun 2019, 12:59:22 WIB, 331 View Administrator, Kategori : Tamu Sekolah

Seminar Pendidikan : Kelas Inspiratif untuk Masa Depan yang Inovatif

Menjadi seorang guru bukan alasan untuk berhenti belajar. Guru harus terus mengasah ilmunya. Ibarat sebuah belati semakin diasah, maka akan semakin tajam. Seminar Pendidikan bertema "Kelas Inspiratif untuk Masa Depan yang Inovatif" yang berlangsung hari Jumat, 21 Juni 2019 adalah salah satu upaya Pesantren Modern al-Amanah untuk mengasah dan mengupgrade pengetahuan para guru yang telah mendedikasikan pengabdiannya untuk pesantren.

Narasumber pada kesempatan kali ini adalah DR. (HC) Ir. Abdulkadir Baraja. Beliau adalah praktisi pendidikan Islam sekaligus pendiri Yayasan Pendidikan Islam Al-Hikmah dan Al-Falah Surabaya.

Beberapa hal penting yang beliau sampaikan:
1. Sejatinya ada dua komponen pokok yang diajarkan sekolah yaitu akhlak dan ilmu/kompetensi.
2. Setiap lembaga/sekolah harus memiliki capaian-capaian (achievement) yang harus diimani. Di antara capaian-capaian tersebut yang tentunya sangat diharapkan oleh para orang tua adalah menjadikan peserta didik yang dicintai Allah dan Rosul-Nya, dicintai masyarakat, dan dibutuhkan masyarakat. 
Menurut beliau, cara menjadikan anak yang memiliki 3 capaian tersebut adalah dengan mengajarkan 5 akhlak utama. 
a) Akhlak kepada Allah dan Rosulnya.
b) Akhlak kepada orang tua dan guru.
c) Akhlak terhadap sesama. 
d) Akhlak terhadap lingkungan. 
e) Akhlak pada diri sendiri. 
3. Innamal a'malu binniyat. Selamatkan tenaga dan waktu dengan memperbaiki niat kita. Niatkan segala bentuk aktivitas dan pekerjaan hanya untuk beribadah. Jangan sampai kita mengajar diniati untuk mencari materi semata. 
Seperti "asupan gizi", sungguh apa yang disampaikan beliau semakin membuka wawasan kami. Semoga kami benar-benar bisa menjalankan amanah ini dengan baik. Aamiin. SMR.



Jumat, 18 Sep 2020 Tradisi Antawirya (bagian ke-1)
Senin, 14 Sep 2020 Persiapan Ujian
Jumat, 11 Sep 2020 OLAH R.A.G.A


Tuliskan Komentar