Minggu, 20 September 2020, WIB

Rabu, 19 Agu 2020, 10:27:22 WIB, 31 View Administrator, Kategori : Kegiatan Peserta Didik

Ditengah situasi pandemi seperti ini, sebagain besar instansi diharuskan melakukan pekerjaan apapun di rumah atau yang familiar dengan sebutan WFH (work from home). Pada akhirnya, mau dan tidak mau kita harus meng-upgrade pengetahuan kita tentang pemanfaatan teknologi internet. Dimana, dengan teknologi tersebut memungkinkan kita melakukan komunikasi dengan orang lain tanpa harus bertemu langsung atau tatap muka. 

Cara demikianlah yang pada akhirnya kami lakukan di Sekolah Dasar Antawirya untuk memenuhi hak santri kami memperoleh ilmu pengetahuan. Kebijakan pemerintah yang mengharuskan para murid untuk tetap bersekolah jarak jauh juga menjadi dasar utama kami melakukan pembelajaran dalam jaringan (daring). 

Memenuhi tanggung jawab tersebut, Sekolah Dasar Antawirya melaksanakan pembelajaran daring dengan tiga metode, yaitu pemanfaatan aplikasi Google classroom sebagai sarana penyampaian bahan ajar dan pengumpulan tugas. Kedua, adalah Siaran langsung melalui media sosial YouTube sebagai sarana sapaan kami secara langsung, sekaligus penyampaian materi pelajaran yang memerlukan penjelasan lebih dalam. Terakhir, adalah pemanfaatan aplikasi whatapp yaitu video call sebagai sarana pembelajaran baca tulis Al-Qur'an. 

Ketiga metode pembelajaran tersebut juga didukung dengan pemanfaatan aplikasi grup whatapp, sehingga antara guru dan wali murid dapat melakukan komunikasi secara intensif terkait proses pembelajaran di sekolah. Terkait metode yang kami gunakan tersebut, memang terdapat nilai positif dan negatifnya. Namun seiring berjalannya waktu kami berkomitmen untuk terus melakukan evaluasi agar metode pembelajaran daring ini dapat berjalan lebih efektif dan efisien.

Kami sangat setuju, bahwa pembelajaran yang paling efektif adalah bertemu secara langsung. Sehingga interaksi antara guru dan murid juga dapat terjadi secara langsung. Namun, dalam situasi seperti ini wajib hukumnya bagi kita semua untuk tetap saling menjaga dengan cara menjaga jarak. Sebagai guru, tentu kami sangat merindukan kehadiran para santri sekalian di sekolah. Doa dan harapan selalu kami panjatkan untuk kebaikan bersama dan dapat bertatap muka kembali. 



Jumat, 18 Sep 2020 Tradisi Antawirya (bagian ke-1)
Senin, 14 Sep 2020 Persiapan Ujian
Jumat, 11 Sep 2020 OLAH R.A.G.A


Tuliskan Komentar